Jumat, 03 Agustus 2012

Present Perfect Tense (Part 1) (Pelajaran 13)

Present Perfect Tense  Belajar bahasa inggris


Lanjut lagi yuk belajarnya. Setelah kita mengerjakan soal latihan yang kemarin sekarang waktunya kita belajar lagi tentang tenses, yaitu Present Perfect Tense. Langsung saja kita mulai ya belajarnya...

A. Pola Kalimat
(+) Subject + have/has + verb 3 + object
(-) Subject + have/has + not + verb 3 + object
(?) Have/has + subject verb 3 + object
Contoh:
Saya telah membeli sebuah payung.

(+) I have bought an umbrella
(-) I have not bought an umbrella.
(?) Have I bought an umbrella?
Dia telah mengirim sebuah surat kepada saya.

(+) She has sent a letter.
(-) She has not sent me a letter.
(?) Has she me a letter?

B. Penggunaan 
Present Perfect Tense digunakan untuk menyatakan suatu peristiwa yang sudah selesai pada masa lamapau dan masih ada kaitannya dengan masa sekarang, dan biasanya ada hasilnya.
Contoh :
  • I have already moved to my new apartement. (Saya telah pindah ke apartemen baru).
  • He has already studied English. (Dia sudah belajar bahasa Inggris.)
  • You have not submitted your photo yet. (Kamu belum mengunpulkan foto kamu).
  • I have just finished my work and I want to go to the theatre. (Saya baru saja menyelesaikan pekerjaan saya dan ingin pergi ke gedung bioskop)
  • She has already gone to Bali. (Dia telah pergi ke Bali.)

C. Keterangan waktu
  • for : selama
  • for two weeks : selama dua minggu
  • for a long time : waktu yang lama
  • for six days : selama enam hari
  • so far : sejauh ini
  • up to now : hingga sekarang
  • almost : hampir
  • since : sejak
  • already : sudah
  • never : tidak pernah
  • until now : hingga kini
  • up to the present : hingga sekarang
  • just : baru saja
  • still : masih
  • recently : baru-baru ini
  • lately : akhir-akhir ini
  • not.....yet : belum

Contoh penggunaan dalam kalimat:
  • I have never seen him before. (Saya belum pernah melihat dia sebelumnya)
  • I have not mer you sincee last Saturday (Saya belum bertemu kamu sejak Sabtu lalu)
  • Mustofa has already finished his homework. (Mustofa sudah menyelesaikan pekerjaan rumahnya)
  • I have just received a letter from my brother. (saya telah menerima sebuah surat dari saudara saya)
  • Up to now, I have written 6 books. (Sampai saat ini saya telah menulis enam buku.)
  •  
Oke sampai disini dulu, semangat terus gan belajar bahasa inggrisnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar